Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive

7 Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive yang Layak Dicoba

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang paling banyak digunakan saat ini, meskipun gratis, tetapi tidak terlalu peduli dengan privasi. Google bahkan mengaku akan memindai setiap file yang diunggah pengguna untuk mempersonalisasi hasil pencarian dan iklan.

Namun, tidak semua layanan penyimpanan cloud seperti ini. Masih ada beberapa yang sangat pandai menjaga privasi pengguna sekaligus memberikan kualitas layanan terbaik. Berikut adalah 7 layanan penyimpanan cloud alternatif Google Drive yang harus Anda coba.

Related Post:   10 Aplikasi Cari Jodoh Online di Handphone Android dan iOS

Tresorit

Tresorit dapat dikatakan sebagai salah satu penyimpanan cloud paling aman di pasaran saat ini. Bagaimana tidak, Tresorit memiliki sistem enkripsi kelas militer dan kunci enkripsi yang sulit ditembus. Sejauh ini, lebih dari 1.000 peretas telah mencoba meretas server data Tresorit, tetapi semuanya berakhir dengan kegagalan.

Tresorit juga menerapkan mekanisme berbagi yang unik, di mana setiap link ke server Tresorit akan dilengkapi dengan kunci rahasia sehingga dapat diakses. Ini mungkin sedikit rumit, tetapi 10 kali lebih aman daripada Google Drive.

Related Post:   8 Aplikasi Karaoke Terbaik dan Gratis di HP Android

Mega

Mega adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan penyimpanan cloud gratis dengan kapasitas penyimpanan besar. Jadi yang terbesar, Mega memberi penggunanya penyimpanan cloud 50 GB secara gratis.

Menariknya, jika pengguna mengundang teman-teman mereka untuk bergabung dengan Mega, itu akan meningkat. Tak hanya itu, meski gratis, data yang tersimpan di Mega juga aman, karena sistem enkripsi yang dibawanya cukup sulit untuk dibobol. Itu juga dilengkapi dengan “alat” khusus yang dapat mengedit file kapan saja dan di mana saja.

Related Post:   5 Aplikasi Smartphone yang Buat Susah Hemat Keuangan

Dropbox

Dropbox merupakan pelopor penyimpanan cloud, menemukan algoritme transfer file tingkat lanjut, yang sekarang digunakan di hampir semua aplikasi atau layanan penyimpanan cloud. Dengan Dropbox, pengguna akan memiliki folder khusus di PC mereka dan dapat mengakses file secara langsung melalui cloud.

Dropbox adalah pesaing kuat Google Drive, selain mudah digunakan, juga memiliki sistem enkripsi dan otentikasi yang aman. Ini juga memiliki aturan yang lebih ketat tentang siapa yang dapat berbagi dan mengedit dokumen pengguna.

Related Post:   6 Aplikasi Nonton Drakor Terbaik Saat Ini

pCloud

Meskipun Tresorit lebih fokus pada konsumen komersial, pCloud adalah alternatif yang sempurna untuk penggunaan pribadi. Mudah digunakan dan memiliki sistem enkripsi kuat yang sama dengan Tresorit. Saking kuatnya, pCloud bahkan menawarkan US$100.000 (Rp1,3 miliar) kepada siapa saja yang mungkin membobol servernya.

Selain keamanan, pCloud juga sangat memperhatikan privasi. Strategi perlindungan tanpa pengetahuan membuktikan hal ini, yang berarti bahwa begitu pengguna meninggalkan perangkat mereka, file pengguna secara otomatis dienkripsi.

Box

Box adalah alternatif lain yang sama menariknya dengan Google Drive. Ini menyediakan platform penyimpanan berbasis cloud yang aman di mana pengguna dapat memilih tempat untuk menyimpan file. Selain itu, Box juga dilengkapi dengan berbagai integrasi aplikasi pendukung seperti Office 365, Salesfore dan Adobe Sign.

Related Post:   7 Aplikasi Scan Dokumen di Smartphone Android

Apa yang membuat Box menonjol adalah penggunaan pembelajaran mesinnya. Melalui fungsi berbasis kecerdasan buatan ini, alur kerja penetapan tugas, penetapan tenggat waktu, dan pelacakan kemajuan bisa lebih bersih dari biasanya.

SpiderOak One

SpiderOak One merupakan aplikasi penyimpan data yang dilengkapi dengan enkripsi end-to-end yang kuat dan strategi tanpa pengetahuan, sehingga bahkan karyawan SpiderOak One tidak dapat mengakses file pengguna. Namun, enkripsi yang kuat ini mengorbankan beberapa fungsi yang kurang penting.

Related Post:   6 Aplikasi Web Cryptocurrency Indonesia Terbaik dan Berizin Bappebti

UI juga lebih sederhana dari Google Drive atau Dropbox, dan hampir tidak ada aplikasi pendukung. Meskipun demikian, SpiderOak One masih menjadi salah satu penyimpanan cloud terbaik, terutama melalui keberadaan fungsi pesan sinyal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan aman.

Ini adalah ulasan dan saran untuk alternatif penyimpanan cloud Google Drive yang patut dicoba. Semua aplikasi di atas gratis untuk digunakan, dan menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan dan opsi berbayar untuk fitur tambahan.

Related Post:   10 Aplikasi Jual Pulsa Terbaik Untuk Android

Sync.com

Sync.com dapat dikatakan sebagai kombinasi dari semua fitur Dropbox, enkripsi Tresorit yang sangat aman, dan kapasitas penyimpanan Mega yang sangat besar. Penyimpanan cloud ini membuat folder khusus di perangkat pengguna, dan file apa pun yang ditempatkan di sana akan disimpan secara otomatis di server cloud.

Selain itu, Sync.com juga memiliki enkripsi ujung ke ujung dan kebijakan tanpa pengetahuan untuk membuat file lebih aman. Sama seperti kebanyakan penyimpanan cloud, file apa pun yang dibagikan dapat diatur dengan kata sandi untuk meningkatkan keamanan.

Related Post:   Download Aplikasi Pedulilindungi Vaksin