5 Aplikasi Smartphone yang Buat Susah Hemat Keuangan

5 Aplikasi Smartphone yang Buat Susah Hemat Keuangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa zaman teknologi telah mempermudah segala kebutuhan dan keinginan Anda. Mulai dari belanja, transportasi hingga pemesanan makanan.

Namun di balik kemudahan teknis yang bisa Anda nikmati dengan mudah saat ini, jika Anda menggunakannya dengan tidak bijak, akan berdampak negatif lho, pemborosan.

Jadi, apa saja aplikasi di ponsel cerdas Anda yang akan mencegah Anda menghemat uang jika Anda menggunakannya dengan tidak bijak? Yuk simak artikel berikut ini.

Aplikasi Smartphone yang Buat Susah Hemat Keuangan

1. Aplikasi Toko Online

Apakah Anda suka berbelanja online? hati-hati! Jika Anda menggunakannya dengan tidak bijaksana, itu dapat menyebabkan impulsif.

Related Post:   6 Aplikasi Peminjaman Uang Resmi Terdaftar OJK

Kecenderungan impulsif ini berpengaruh besar pada orang yang memiliki hobi berbelanja. Berkat aplikasi belanja online, berbelanja menjadi lebih mudah karena tidak perlu keluar rumah. Cukup gulir melalui aplikasi belanja online di ponsel cerdas Anda.

Mungkin awalnya Anda hanya menonton untuk iseng, dan tiba-tiba Anda menemukan sesuatu yang menarik, Anda akan langsung membelinya. Sebenarnya, Anda tidak benar-benar membutuhkan hal-hal ini.

2. Aplikasi Food Delivery

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sekarang Anda hanya dapat memesan makanan yang jauh dari tempat tinggal Anda melalui smartphone Anda.

Related Post:   7 Aplikasi Mengasah Otak Terbaik di Hp Android

Namun, jika Anda melihat ke belakang, biasanya harga makanan yang disertakan dalam aplikasi lebih mahal daripada yang Anda beli langsung di toko.

Harga makanannya bisa berkisar 5.000 sampai 7.000, apalagi ditambah ongkos kirim. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan aplikasi Food Delivery dengan bijak dan jangan mudah tergiur dengan berbagai jajanan.

3. Aplikasi Game Berbayar

Memang banyak peminat bermain game di smartphone, dari anak-anak hingga orang dewasa. Ponsel pintar menyediakan berbagai permainan.

Related Post:   7 Aplikasi Penyimpanan Selain Google Drive yang Layak Dicoba

Namun bagi penggemar game, bermain game harus maha kuasa. Mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli item khusus untuk memaksimalkan permainan mereka. Di sinilah total uang yang mereka keluarkan untuk membeli item game terkadang tidak sedikit.

Saat kita terlambat, bermain game di smartphone kita memang bisa menjadi momen hiburan kita, namun tetap harus kita gunakan dengan bijak. Karena jika Anda membeli item khusus dalam permainan, pengeluaran Anda akan membengkak.

4. Aplikasi Hiburan Berbayar

Saat ini, ada banyak aplikasi hiburan yang mengharuskan Anda membayar biaya bulanan untuk mengakses aplikasi sepenuhnya. Misalnya, aplikasi musik yang paling populer adalah Spotify.

Related Post:   10 Aplikasi Download Lagu Terbaik Untuk Smartphone

Jika Anda ingin dapat mendengarkan semua lagu yang ada di aplikasi ini, maka Anda harus membayar biaya berlangganan bulanan. Harga biaya berlangganan bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Selain Spotify, ada aplikasi nonton film seperti Netflix, Iflix atau Viu.

Ya, ketiga aplikasi ini juga mengharuskan Anda membayar biaya berlangganan untuk menikmati semua konten dalam aplikasi. Selain aplikasi di atas, masih banyak aplikasi konten berbayar lainnya.

Memang jika dihitung biaya berlangganan untuk setiap aplikasi, harganya sangat murah, tetapi jika dijumlahkan biaya berlangganan untuk semua aplikasi berbayar yang Anda gunakan, jumlahnya mungkin banyak. Sebaliknya, berlangganan aplikasi yang paling Anda butuhkan.

Related Post:   8 Aplikasi Membuat Foto Menjadi Video di Hp Android

5. Aplikasi Mobile Banking

Percaya atau tidak, aplikasi mobile banking di ponsel Anda memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Keuntungan dari mobile banking adalah Anda dapat lebih mudah membayar tagihan bulanan seperti tagihan listrik dan kartu kredit.

Sayangnya, kemudahan ini juga membawa bencana. Semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan bayaran, semakin boros Anda. Keberadaan aplikasi belanja online yang bekerja sama dengan mobile banking di ponsel seperti pintu baru untuk disia-siakan.

Jika Anda menggunakannya dengan tidak bijak, berikut 5 aplikasi yang bisa menyebabkan pemborosan. Jika Anda sudah memiliki ketiga jenis aplikasi tersebut, tidak apa-apa, karena dengan adanya aplikasi tersebut memudahkan Anda untuk memenuhi segala kebutuhan Anda.

Related Post:   5 Aplikasi Terjemahan Indonesia Mandarin Lewat Smartphone

Hanya saja Anda harus selalu ingat untuk tetap bijak saat menggunakan aplikasi.