Aplikasi Keluarga Sehat

Download Aplikasi Keluarga Sehat, Ketahui Fitur dan Cara Buat Akunnya

Pedalaman – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) kini memiliki aplikasi keluarga sehat yang membantu pendataan seluruh data yang ada di seluruh Puskesmas di Indonesia. Bagi yang belum tahu, ada baiknya menyimak informasi seputar seluk beluk aplikasi ini.

Pengertian Aplikasi Keluarga Sehat

Ini adalah aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk mendukung Rencana Indonesia Sehat (PIS-PK) yang mengadopsi pendekatan keluarga. Dengan menggunakan aplikasi ini, Kementerian Kesehatan dapat mengumpulkan data dari rumah tangga sehat tanpa harus melalui kunjungan rumah.

Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan surveyor mengumpulkan informasi langsung di lokasi pengumpulan data, baik yang terhubung ke Internet atau tidak.

Baca Juga :   10 Aplikasi Edit Video Gratis untuk Smartphone Android dan Iphone

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah memiliki fasilitas ini yang dapat diakses melalui alamat Keluarga Sehat.kemkes.go.id.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari halaman Kementerian Kesehatan.

Fitur Utama Aplikasi Keluarga Sehat

Jadi, apa karakteristik dari aplikasi ini? Dikutip dari laman Keluarga Sehat, fungsi-fungsi dalam aplikasi tersebut antara lain:

1. Fitur tranfer daerah kerja

Fungsi ini digunakan untuk mentransfer informasi keluarga wilayah desa/kelurahan puskesmas awal ke puskesmas tujuan yang hanya digunakan oleh pengelola pusat.

2. Fitur tahun aktif

Fungsi ini hanya digunakan oleh administrator pusat dan merupakan pengelolaan tahunan semua laporan informasi survei pengguna. Sebelumnya, aplikasi yang tersedia akan ditentukan saat masa aktif input informasi adalah tahun berjalan.

Baca Juga :   7 Aplikasi Kunci Sidik Jari di Hp Android

3. Fitur Rukun Warga

Fungsi ini diperuntukkan bagi pengurus PKM untuk masuk atau mendaftarkan RW dan RT yang sesuai di wilayah kerja masing-masing desa/kelurahan.

Jika di suatu wilayah tidak ada RW atau RT, maka setiap puskesmas wajib menghitung luasan tersebut setelah dilakukan penomoran mandiri.

4. Fitur sasaran surveyor

Fungsi ini digunakan untuk menentukan tujuan kinerja surveyor pengurus PKM. Tujuannya telah ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab surveyor atas informasi rumah tangga yang menjadi tanggung jawabnya.

Baca Juga :   Aplikasi TikTok dan Berbagai Fakta Tentang Aplikasi ini

5. Fitur crosstab

Fitur ini dapat digunakan untuk analisis informasi dengan menggunakan informasi asli yang telah diunduh melalui akun administrator PKM untuk diproses secara independen dan diunggah kembali ke aplikasi.

6. Fitur IKS Puskesmas

Fungsi melihat Indeks Rumah Tangga Sehat (IKS) berdasarkan wilayah kerja abses pada masing-masing penanda.

7. Fitur monitoring wilayah

Fungsi pemantauan wilayah digunakan untuk memantau kinerja puskesmas atau capaian surveyor dengan menyamakan tujuan/sasaran awal dengan realisasi informasi keluarga yang dimasukkan oleh pengelola PKM.

Baca Juga :   14 Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Di Smartphone Android

8. Fitur target wilayah

Pengurus PKM menggunakan karakteristik sasaran wilayah untuk menentukan jumlah sasaran/sasaran yang digunakan untuk pendataan di wilayah kerja puskesmas berdasarkan jumlah rumah tangga sasaran di wilayah kerja masing-masing desa/kelurahan.

Tahap Pengajuan Akun dan Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

Untuk menggunakan aplikasi ini, ada beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten/Kota. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Dinkes Kab/Kota mengajukan permohonan akses aplikasi Keluarga Sehat pada Kemenkes.
  2. Kemenkes menerima permohonan akses, lalu meng-generate akun Dinkes Provinsi, Dinkes Kab/Kota, dan Admin Puskesmas dan kemudian mengirimkan akun ke Dinkes Provinsi.
  3. Dinkes Provinsi mendistribusikan akun Puskesmas ke Kepala Puskesmas.
  4. Kepala Puskesmas mendistribusikan beban kerja pengumpul data (surveyor).
  5. Admin Puskesmas meng-generate akun Kepala Puskesmas, Supervisor, dan Surveyor selaku petugas yang melakukan pendataan.
  6. Selanjutnya, surveyor melakukan pengumpulan data masyarakat melalui situs www.keluargasehat.kemkes.go.id, atau lewat aplikasi Keluarga Sehat.
  7. Supervisor review ulang data lapangan, dan meneruskan ke Admin Puskesmas untuk review atau edit ulang jika diperlukan.
  8. Kemudian Kepala Puskesmas melakukan review data agregat Puskemas. Begitu pula dengan Dinkes Kab/Kota melakukan review data agregat Kab/Kota, dan Dinkes Provinsi melakukan review data agregat Provinsi.
  9. Kemenkes akan melakukan review data agregat nasional, kemudian mengunduh data dengan format csv.
  10. Pendataan pun selesai dilakukan.
Baca Juga :   5 Aplikasi Smartphone yang Buat Susah Hemat Keuangan

Download Aplikasi Keluarga Sehat

Jika ingin mendownload dan menggunakan aplikasi ini, silahkan download aplikasi Keluarga Sehat terlebih dahulu.

Itu lah segala info tentang aplikasi yang diluncurkan Kemenkes.